Skip to content

Buku Pengantar Pemodelan Inversi Geofisika

8 September 2009

Buku Pengantar Pemodelan Inversi Geofisika sudah tersedia di bagian TU Teknik Geofisika, Bu Lilik (Basic Science Center B lt. 2) dan TU Sains Kebumian, Pak Maman (Labtek 11 lt.2) dengan harga Rp. 45.000,- diskon 10% menjadi Rp. 40.000,-

Bagi mahasiswa yg berniat untuk mem-fotokopi saja silakan hubungi / daftar ke staf TU tsb. untuk memperoleh subsidi sehingga hanya perlu mengeluarkan biaya sesuai biaya foto-kopi.

 cover11

30 Komentar leave one →
  1. havet permalink
    20 September 2009 1:26 am

    sebelumnya perkenalkansaya havet mahasisiwa tingkat akhir di Universitas Sebelas Maret Surakarta..,
    ingin meminta bantuan kepada bapak,,
    saya ingin mengkaji mengenai bledug kuwu porwodadi.
    tetapi belum mempunyai bahan acuan..,
    saya minta tolong kepada bapak,mungkin bapak punya kajian tentang bledug kuwu ini.,
    sebelumnya terimakasih.

    • 25 Februari 2010 1:37 pm

      udah ada temen saya yang bahsa tentang bledug kuwu..namanya lendri..

  2. 1 Oktober 2009 10:08 am

    Maaf, saya tidak punya informasi yg anda perlukan. Coba cari di google dengan keywords: mud volcano atau yg lainnya, mungkin bisa anda temukan di sana.

  3. BARKA permalink
    8 Oktober 2009 1:03 am

    Slm Kenal… sy mahasiswa S1 teknik Tambang UNDANA, mau beli buku itu bisa gak ya… lewat siapa… transfer ke rekening… tolong sy sangat butuh untuk referensi dan kuliah…tolong jangan mahal-mahal,,,, Anak Kos…
    kalo bisa lwt sms saja ke
    081339100881

  4. 18 Oktober 2009 10:48 pm

    perkenalkan pak nama saya joni,mahasiswa universitas negri medan(sumatra utara)
    saya mahasiswa tingkat 5 pak.
    saya minta petunjuk judul akhir mengenai fisika bumi,,sudah 6 kali judul saya di tolak saya mohon kesedian dari bapak memberi saya judul.terima kasih

    • 20 Oktober 2009 4:44 am

      Wah … aspek fisika bumi kan cukup luas. Sementara itu juga tergantung pada latar belakang pengetahuan anda mengenai topik-topik fisika bumi. Apa saja judul yg sudah anda usulkan? apakah tidak ada alasan penolakan dari dosen anda?

      Mungkin sebaiknya diskusi dengan pembimbing anda mengenai hal ini.

  5. 20 Oktober 2009 11:29 am

    ehm..mff..Dimana ya tempat kita bisa download buku pemodelan geofisika yang bagus dan legal tuk di miliki siapa saja? and lengkap pula.. klo bsa mhn ksi tau link ma situs nya hehe n_-“

  6. 20 Oktober 2009 11:32 am

    mff ananda lupa memperkenalkan diri..ananda bahrin dari fakultas MIPA UNMUL ( n_n”)

  7. Achnidahsulfaidah permalink
    21 April 2010 5:41 pm

    oh iya ………………….kepengen kopi bukunya caranya daftar ke staf tu gimana …………………..

  8. Achnidahsulfaidah permalink
    21 April 2010 5:45 pm

    oh iya lupa pekenalan dirinya saya mahasiswa fmipa unm ……………………………………….lg nyari-nyari judul skripsi bahs geofisika serta pemodelannya

  9. 18 November 2010 5:26 am

    Kalau mau beli buku caranya gmn pak…
    terimakasih

  10. dewa_fisika08 permalink
    11 Februari 2011 10:05 am

    bos. ada info nda tentang pembuatan skripsi

  11. andri permalink
    24 Maret 2011 5:00 pm

    SAYA MAHASISWA FISIKA BUMI UNM… SAYA MEMBUTUHKAN BUKU BAPAK DALAM PENYELESAIAN TUGAS AKHIR.. MOHON BAPAK MEMBANTU SAYA KALAU BISA MENGIRIMKAN FILE BUKU TENTANG PEMODELAN INVERSI…

  12. Ahmad permalink
    20 April 2011 3:22 pm

    salam kenal aja saya mahasiswa teknik geofisika UPN”V” yogyakarta
    ada yang punya teory tentang pemodelan geomagnetik ? jika punya kalo boleh saya minta ya..?

  13. aji triyanto permalink
    26 Juli 2011 11:09 pm

    pak saya mahasiswa smster 8 UNSOED purwokerto, jawa tengah…..saya mau tanya :
    1. tentang interpretasi nilai reistivitas, saya punya 2 tabel nilai resistivitas dari Telford 1990 dan reynolds…
    saya bingung pak, mau pake yang mana…padahal antara tabel keduanya saling melengkapi….tapi kata dosen saya suruh pake salah satunya aja, kalo misalnya kedua tabel itu digunakan dua duanya untuk interpretasi kira2 valid ga ya pak…
    2. saya kan skripsinya tentang interpretasi bawah permukaan tanah menggunakan metode geolistrik wenner dan schlumberger….jadi satu lintasan tapi pake 2 metode, salah satunya sebagai pembanding, tujuan untuk keakuratan hasil interpretasi …tapi ko hasil pemodelannya gak mirip ya pak antara pemodelan dg res2div dan progress…nilai resistivitas tiap lapisannya beda…apakah karena data yang jelek, atau mungkin saja saya salah interpretasi……

    TRIMA KASIH PAK, MOHON PENCERAHANNYA

    • 3 Agustus 2011 1:10 pm

      (1) Tabel resistivitas batuan pada umumnya berupa range harga tertentu sehingga tidak mutlak. Belum lagi kondisi batuan yg sebenarnya bisa berbeda, jadi jangan digunakan sebagai “harga mati”.

      (2) Saya tidak tahu apakah konfigurasi Wenner dan Schlumberger anda gunakan untuk mapping / imaging 2-D. Biasanya kedua konfigurasi menghasilkan data (pseudo-section) yg berbeda, namun hasil pemodelannya mirip.

  14. Dina Gunarsih permalink
    26 Agustus 2011 4:00 pm

    Perkenalkan saya dina,mahasiswi Unsyiah jurusan Geofisika. mau tanya bagaimana caranya saya memesan buku ini? terimakasih

    • 16 September 2011 10:57 am

      Maaf baru bisa membalas sekarang. Saya sudah berikan penjelasan melalui e-mail Anda. Terima kasih.

  15. sakuyadi permalink
    20 September 2011 5:34 pm

    assalam pak, saya yadi dari geofisika ui. boleh saya tau pak bagaiamana cara pemesanan buku ini?terima kasih

    • 20 September 2011 5:39 pm

      Kayaknya di sekretariat HAGI pusat ada. Atau kalau punya teman di Bandung bisa nitip untuk ke Tata Usaha Sains Kebumian, gedung Labtek 11 lt. 2.

      • sakuyadi permalink
        22 September 2011 10:03 am

        pusat HAGI dijakarta ya paka?

  16. barQi permalink
    3 Desember 2011 10:17 am

    selamat pagi pak,
    saya barqi dari geofisika universitas brawijaya,
    saya ingin bertanya, sayakan masih semester satu, sehingga belum masuk ke geofisikanya,untuk itu buku-buku apa saja yang mungkin bisa sebagai pedoman saya untuk ke geofisikanya nanti,
    terima kasih .

  17. muliadi permalink
    22 Desember 2011 10:16 am

    assalamu’alaikum,,
    perkenalkan saya muliadi mahasiswa geophysics ITS. bapak untuk mendapatkan buku itu gmna caranya?

    • 14 Februari 2012 8:50 am

      Muliadi, please refer to my number 085254285542 for any books related to complete geophysics (versi Indonesia atau juga Inggris). Mudah2an bisa membantu pak Oemar yang sibuk. Thanks.

  18. ioharris permalink
    7 Februari 2012 8:50 pm

    Pak, perkenalkan saya aryo mahasiswa oseanografi ITB semester 8. Pak kira2 metode inversi ini apakah nantinya bisa diaplikasikan utk “ocean acoustic tomography”, misal utk mencari parameter fisis laut?

    • 9 Maret 2015 8:54 am

      Pada prinsipnya bisa selama perhitungan forward modeling-nya ada dan bisa diselesaikan.

  19. haray permalink
    11 Oktober 2013 5:00 am

    assalam
    perkenalkan sebelumnya saya haryono dari fisika bumi UPI BDG pak, saya sedang mempelajari mengenai metoda geolistrik beserta inversi geofisikanya untuk pemodelan mengenai kandungan mineral yang terdapt di dalam permukaan bumi ,,
    terlebih mengenai inversi lavenberg marquardt

    dapatkah saya mendapatkan pencerahan dari bapak mengenai hal di atas, dan dimana saya dapat mendapatkan banyak informasi mengenai hal hal tersebut pak ?

    mohon bantuannya pak ,, terimakasih atas perhatiannya

    • 9 Maret 2015 8:57 am

      Maaf baru bisa membalas / menjawab pertanyaan anda. Metode Levenberg-Marquardt merupakan salah satu varian dari metode penyelesaian masalah inversi. Utk geolistrik inversinya non-linier. Coba google dulu dan pelajari prinsip-prinsip dasar inversi geofisika. Insya Allah kalau sudah mengerti dasarnya maka utk hal2 yg agak spesifik seperti anda tanyakan pasti bisa dglebih mudah.

Tinggalkan Balasan

