Skip to content

Inversi Geofisika

Halaman ini ditujukan untuk menampung materi kuliah yg berhubungan dengan Inversi Geofisika/Metode Inversi. Sementara hanya berisi powerpoint kuliah awal karena handout sudah tersedia. Meskipun demikian halaman ini dapat dimanfaatkan untuk tanya-jawab melalui komentar.

Mudah-mudahan bermanfaat.

Download PDF inversi 2008 

Tugas-1 (2009)

Dari yg sudah anda pelajari, melalui kuliah dan dari bahan yg anda baca di luar kuliah, diskusikan aplikasi pemodelan inversi untuk masalah sederhana geofisika (atau bisa di luar itu) yg kira-kira bisa di-formulasikan dan dicari solusi-nya. Harus jelas antara data, parameter model yg dicari dan fungsi forward modeling-nya.

 Tidak harus sampai tuntas atau sampai selesai dan diperoleh solusi, ide-ide awal saja juga boleh. Yg penting ada penjelasan dan ilustrasi yg jelas. Bentuk laporan per-kelompok berupa file PPT (bukan PPTX) 2-3 slides.

Selamat bekerja !

Selamat bekerja !

21 Komentar leave one →
  1. Rio P permalink
    3 April 2009 3:35 pm

    Pak Grandis, ini saya punya ebook yang lumayan bagus tentang inversi, mudah”an dapat membantu bapak

    http://www.indowebster.com/Analisis_Data_Geofisika.html

  2. A. Hendriyana permalink
    18 April 2009 8:13 pm

    Pak, pada slide inversinya halaman 5 tertulis tujuan utama aplikasi metoda geofisika, yaitu untuk memperoleh model dari data. Apakah berhenti sampai disini, Pak? Bagaimana dengan mempelajari atau memahami fenomena-fenomena atau proses fisik bumi dibalik model-model yang ditemukan tersebut. Mohon pencerahannya.. Terimakasih banyak.

  3. bambang permalink
    29 April 2009 1:30 pm

    pak minta saran software inversi untuk GPR.

    trims

  4. 30 April 2009 10:23 pm

    -> Rio P

    Terima kasih atas info-nya, kebetulan saya sudah punya tapi lupa dulu dapatnya dari mana (mudah-mudahan masih ada juga) …

    -> A. Hendriyana

    Mungkin beda antara tujuan metode geofisika dan geofisika.

    -> Bambang

    Reflexw atau GPRmax

  5. Robert S. permalink
    22 Mei 2009 2:55 am

    Salam hormat Pak,
    Dalam eksplorasi mineral logam, metode manakah yg tepat untuk digunakan ? (Schlumberger, Dipole-Dipole, Wenner, Pole-Pole, dsb) serta dalam kondisi lingkungan yang seperti apa ? Adakah pedoman atau rujukan mengenai hal tsb ? Terima kasih atas pengarahannya.

  6. 7 September 2009 8:19 am

    pak grandis, saya masih kurang mengerti tentang tugas 1 inversi geofisika. yang harus kami cari dengan data tugas 1 diatas apa pak? mohon bimbingannya….

  7. 7 September 2009 12:51 pm

    Dari yg sudah anda pelajari, melalui kuliah dan dari bahan yg anda baca di luar kuliah, bisa didiskusikan aplikasi pemodelan inversi untuk masalah sederhana geofisika (atau bisa di luar itu) yg kira-kira di-formulasikan dan dicari solusi-nya. Tidak harus sampai tuntas sampai selesai, ide-ide awal saja boleh kok.

    Selamat bekerja !

  8. bastian permalink
    5 Oktober 2009 12:45 pm

    Pak, dari kuliah minggu lalu (30/09/09)saya masih belum jelas mengenai tugas apa yang akan diupload ke bapak. Apakah tugas yang sebelumnya (kuliah minggu kedua) regresi dengan pembobotan juga termasuk bagian dari tugas yang akan diupload juga.
    Terima kasih.

    • 6 Oktober 2009 2:35 pm

      Ya, intinya tugas adalah untuk lebih memahami dan menerapkan materi kuliah. Jadi silakan berimprovisasi dan menggali kreativitas untuk memenuhi hal itu.

  9. rara aja permalink
    3 Januari 2010 2:42 pm

    bapak saya punya data gravity yang biasa.dan saya di suruh untuk membuat inversi 3D. metode inversi yang paling tepat menggunakan metode apa?dan rumusannya seperti apa?mohon bimbingan bapak

    • 3 Januari 2010 7:33 pm

      Seharusnya dosen nggak bisa begitu saja minta mahasiswanya untuk melakukan sesuatu, apalagi inversi gravitasi 3-D, tanpa memberikan landasan minimal konsep bagaimana hal tsb. harus dilakukan, dari mana mulainya dll.

      Sementara anda bisa browsing di internet melalui Google, ada banyak paper tentang gravity 3-D. Tentu harus dimulai dengan pemahaman konsep dulu, karena tidak bisa hanya sekedar mekanistis.

      Semoga sukses.

  10. mahfudin permalink
    19 Mei 2010 11:59 pm

    pa saya dari UPN VETERAN YOGYAKARTA…
    saya mau tanya dalam ANALISIS KECEPATAN GELOMBANG PERMUKAAN metode yang paling bagus dipakai apa?dan rumus (formula yang dipakai seperti apa?)kalo ada referensi saya mamohon bantuannya..

    • 22 September 2010 11:42 am

      Maaf kalau jawabannya sangat terlambat.

      Maaf saya tidak mendalami soal seismik. Setahu saya ada dosen Teknik Geofisika UPN Veteran yg disertasi S3-nya di UKM tentang geoteknik menggunakan analisis gelombang permukaan. Mungkin bisa tanya langsung ke beliau.

  11. eleonora 32310003 permalink
    21 September 2010 9:40 pm

    pak grandis, yth…

    saya pernah membaca tulisan bapak dangan yudistira (2002) tentang penyelidikan air bersih mengggunakan geolistrik di garut. kebetulan leo juga melaksanakan beberapa studi ttg polutan di garut. Leo tertarik untuk membaca tulisan tersebut, sayangnya leo lupa judulnya, bila bapak masih mempunyai softcopynya leo minta izin mendapatkan forward dari bapak. Namun bila tidak ada, tidak apa2 pak. Terima kasih atas waktu bapak membaca komentar ini.

    • 22 September 2010 11:46 am

      Memang dengan Pak Tedi Yudistira saya pernah membantu Geoteknologi LIPI melakukan pengukuran geolistrik di daerah Garut. Hanya saja distribusi lintasan kurang optimal sehingga tidak terlalu konklusif. Laporannya saya juga tidak punya karena waktu itu hasil pekerjaan diserahkan langsung ke tim Jepang yg mendanainya.

  12. eleonora 32310003 permalink
    24 September 2010 7:26 pm

    mungkin nanti leo berkeinginan mendiskusikan dg Bapak kalo ada waktu bapak senggang. Karena dari taun 2008 leo mengerjakan riset kecil2an ttg polutan di daerah garut di sukaregang tempat industri pembuatan jaket kulit dan makanan dorogdog. Ada keinginan mencoba tomografinya..tpi leo harus belajar dulu…terima kasih pak..

    tentang forward bapak, kami (Ida, leo dan diky) sudah membahas dan sepakat kekeliruannya hanya pada pendefinisian L nya pak. Jdi bukan mTm pak…kalo pake mTm maka persamaan bapak betul dan tidak ada suku berlebih..

    terima kasih Pak, mohon selalu bimbingannya

  13. stephanus permalink
    12 November 2011 4:24 am

    pak mau tanya bagaimana saya bisa mendapatkan buku tenyang geolistrik dan analisanya

  14. 18 September 2012 9:13 am

    bku inversi geofisika di jual bebas gk pak??sy mahasiswa dr makassar dan butuh referensi buat TA sy

  15. Daruma Daishi permalink
    19 Desember 2012 11:21 am

    Pak Hendra Grandis, saya berkeinginan menanyakan tentang area rawa yang dimana permukaan tanahnya sangat dangkal. di daerah ini ditemukan indikasi adanya mineral logam. oleh karena itu, kemungkinan kami berencana untuk menerapkan metode geolistrik dalam hal ini kami mengkombinasikan Resistiviy dan IP. pertanyaan saya pak, apakah area rawa yang dimana cukup mengandung banyak air dapat dilakukan metode geolistik?

    Terima kasih.

    Daruma Daishi.

  16. Bakry permalink
    5 Juni 2015 10:56 am

    Salam Pak, saya Mahasiswa ITS, saya ingin menanyakan terkait metode geofisika untuk aplikasi eksplorasi geothermal, apakah survey pendahuluan dalam identifikasi hidrothermal daearah potensi panas bumi, cukup dengan metode Resistivity saja? dan Konfigurasi yang cocok atau yg sesuai utk di pakai kira2 (Schlumberger, Dipole-Dipole, Wenner, Pole-Pole, dsb)..??? atau ada metode lain? Terimaksih sebelum nya Pak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: